Curhat Mata

Heyyyyy... lama nih gak nulis postingan...!!! Maklum, kemaren-kemaren gak ada ide, stock buat ngarang lagi abis hehehe.. Kali ini gw mau cerita tentang salah satu penyakit yang ada didiri gw.. Eits, ini penyakit bukan sembarang penyakit. Bukan pula penyakit berat atau kalo kata orang bilang mah “penyakitnya orang kaya” seperti stroke, jantung, gagal ginjal, bronchitis chronis, tumor, kanker.. *Nauzubillah min dzalik* deh! Ini mah penyakit yang bisa dibilang bukan jenis penyakit yang bisa mematikan. Penyakitnya juga banyak diderita sama semua golongan koq, baik itu anak kecil, remaja, dewasa, bahkan orang tua... Penyebabnya juga beragam, mulai dari nonton tv berjam-jam, maen game, online dari pagi sampe malem (24 jam), baca sambil tiduran dan ditempat yang gelap, kurang makan sayuran yang mengandung vitamin A, deelel.. Udah kebayang kan penyakitnya, coba tebak apa hayooo...?? Penasaran, penasaran, penasaran...??? Jawabannya adalah.... tet.. toret.. toret... toret... tet.. tet.. tet.. deng... deng... deng... halah, kelamaan!!! Yuph, betul sekali itu adalah Penyakit Mata! (hebat anak-anak, kalian dapet seratus semua...) :P 

Penyakit mata itu banyak banget macemnya.. Salah satunya kayak yang gw idap ini yaitu minus dan slindris. Terus terang aja, hidup gw tuh sangat bergantung banget sama yang namanya kacamata!! Kalo gw gak pake kacamata, jangan harap kalo lu ketemu sama gw dijalan, gw bakalan nyapa lu.. ato kalo lu punya wajah ganteng/cantik kayak Fedi Nuril/Alyssa Soebandono trus tiba-tiba gw bilang malah mirip Mastur/Mpo Nori.. Ini karena gw emang udah gak bisa ngeliat dengan mata telanjang gak pake baju :P 

Pertama kali gw pake kacamata, waktu gw duduk di SMP kelas 3 *sebenernya sih gejalanya udah muncul waktu gw duduk di SMP kelas 1* :D Kalo lagi belajar disekolah, gw emang demen banget duduk diposisi paling belakang. Tujuannya mulia, kalo guru lagi nerangin gw bisa tidur kalo ngantuk, trus kalo laper gw bisa makan, trus kalo bosen gw juga bisa ngobrol sama temen sebangku gw *mendiskusikan cowo terganteng dikelas pastinya* dan yang paling penting adalah kalo guru gw nyuruh ke depan buat ngerjain soal, gw bisa dapet urutan yang paling akhir ato malah kadang-kadang suka gak kebagian ngerjain soal coz’ waktunya udah keburu abis duluan!!! hehe... :P 

Balik ke topic gejala awal minus gw! Jadi setiap ada guru yang nerangin, gw pasti selalu pengen nangis.. Soalnya gw gak tau apa yang lagi ditulis dipapan tulis.. Lama-kelamaan tanpa sadar gw jadi sering pindah tempat duduk ke posisi paling depan. Malah saking seriusnya gw duduk di bangku depan, gw pernah lho sampe dapet rangking 1 yang sebelumnya emang gak pernah gw alamin!!! *gw kan emang gak pernah dapet 5 besar sebelumnya* GokiiiiiLLLL...!! 

Sadar kalo mata gw udah mulai gak normal, akhirnya gw ngadu sama bokap gw.. dan untuk pertama kalinya lah gw dibawa ke optic mata *gw lupa waktu itu gw divonis minus berapa*. Dan saat itu pula hidup gw dimulai dengan menggunakan kacamata. Setelah memakai kacamata, hidup gw pun jadi terang benderang lagi *kayak lampu Philip* :D 

Tapi keadaan itu gak bertahan lama, selang beberapa tahun kemudian, gw ngadu lagi sama bokap gw kalo mata gw ini masih belom jelas ngeliat. Sepertinya sih minus gw udah nambah lagi. Akhirnya bokap gw ngajak gw buat periksa langsung ke dokter spesialis mata disalah satu rumah sakit swasta di Sidoarjo. Pikiran gw dokternya tuh masih muda, ganteng, baik hati, tidak sombong, ramah dan rajin menabung gitu... Eh pas ketemu, gak taunya dokternya udah senior *kakek-kakek*, galak pula!! Jadi pas gw diperiksa tuh, gw bener-bener kayak orang buta. Disodorin tulisan didepan gak ada yang bisa gw baca dengan bener!! Udah berapa kali dokternya gonta-ganti tulisan sama gonta-ganti lensa, buat nyocokin dimata gw tapi tetep aja kaga ada yang pas. Trus dokternya nanya: 

Dokter: “kapan pertama kali kamu pake kaca mata?” 

Gw: “waktu SMP kelas 3, dok” -> waktu itu gw udah SMA kelas 2 

Dokter: “terus pertma kali periksa matanya dimana?” 

Gw: “di optic A dok” 

Dokter: “kenapa kamu periksa mata di optic?? Disana tuh periksa mata asal-asalan.. Mata kamu ini udah besar minusnya! Intinya mata kamu tuh udah ada batas pengelihatannya, udah gak bisa ngeliat suatu huruf/angka/benda dalam bentuk tertentu! Dan gak ada obat yang bisa nyembuhin mata kamu.. bla.. bla.. bla..” 

Gw: Diem seribu bahasa.. *pengen nangis* T-T 

Jadi setelah di diagnose, ternyata mata gw yang sebelah kanan minus 3,5 and yang sebelah kirinya minus 2,5 plus slindris kanan-kiri 0,5!!! *Dokternya geleng-geleng kepala* gw pun dikasih resep and bikin kacamata baru di optic langganan gw.. Kali ini mata gw bener-bener bisa ngeliat lebih terang benderang dari sebelumnya *lebih tajem, kayak lampu tembak* :D 

Semenjak itu gw gak pernah lepas dari yang namanya kacamata, benda itu selalu menjadi komponen terpenting dalam hidup gw dan selama gw pake kacamata, udah sekitar 7x gw matahin kacamata gw.. :D Sebenernya sih kalo inget kejadian waktu gw periksa mata waktu gw SMA kelas 1 itu, gw jadi sedikit agak parno kalo disuruh pergi ke dokter mata. Gw takut kalo dokternya lebih ganas dari yang pertama.. Gw sih tau, dokter nya marah karna dia sayang aja ngeliat gw.. tp kan tetep aja gw takut.. XD 

Sehubungan karna bokap gw mutasi ke Padang, jadi gw udah jarang periksa mata ke dokter mata. Tapi baru-baru ini gw pernah beraniin diri dateng ke klinik dokter spesialis mata yang kebetulan ada disamping rumah gw *padahal udah 3 tahun tetanggaan lho* tapi gw baru beraniin diri hehehe.. Alhamdulillah sih dokternya baik, cuma tetep aja gw ngerasa dag-dig-dug serrrrrr... Lama gak periksa mata, ternyata slindris gw nambah, yang tadinya kanan-kiri 0,5 sekarang jadi 1 *pantes aja kalo ngeliat orang/benda jadi ada dua gitu, serasa kayak lagi pake ilmu bayangan nya Naruto* hehe.. 

Gw baru sadar, kayaknya hidup gw ini emang udah diatur sama Tuhan.. *kan biasanya diatur sama orang tua* ketauan minus gw gede.. dikampus malah dapet jurusan yang berhubungan sama computer.. kebayang kan, tiap hari musti berinteraksi sama layar yang radiasinya itu bisa memperparah minus gw! Tapi untungnya sih, sejauh ini minus gw gak bertambah.. yang bertambah paling cuma slindrisnya *sama aja kalo gitu mah ya* haha... 


Nih ada sedikit tips tentang Mata Minus

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: