Curhat Dapur

Ada yang bilang, perempuan terlahir sebagai mahluk yang lemah jika dibandingkan dengan pria. Hah, kata sapa? Siapa tuh yang ngomong? Gak pake azaz pri-ke-ibu-an apa tuh orang yang nguarin statement? *pura2 sewot, padahal yg barusan ngomong kan gw* :P Emang sih tenaga wanita gak sekuat pria, tapi itu kan dulu.. Sekarang, cabang olahraga apa coba yang gak digeluti sama wanita? Badminton, basket, renang, tinju, sepakbola, angkat besi.. semuanya dilakonin! Ada juga yang bilang, kodratnya wanita itu dapur -> sumur -> kasur! Hah, ini malah lebih parah.. ckckck.. :’( Emang sih kalo yang namanya dapur itu lebih lekat sama wanita. Tapi sekarang juga udah banyak koq cowo yang berkecimpung didunia kompor ini..
Ngomongin masalah dapur, gw jadi pengen cerita nih tentang kehandalan gw mengurusi bumbu-bumbu dan hidangan ala kadarnya gw! :P Kalo ngomongin masalah masakan mah, beuh.. jangan ditanya, gw jagonya! Jagonya makan maksudnya hahaha... terus terang nih, dari kecil sampe SMA, gw jarang banget nyentuh dapur. Apalagi megang bumbu-bumbunya! Kalo disuruh nebakin nama bumbu suka keder >,<” Gw emang males masuk dapur, kalo disuruh bantuin nyokap masak, alesannya bejibun.. “bentar dulu mah, lagi ini..! bentar dulu mah, lagi itu..!” >:D Terus sekalinya masuk dapur, pasti nyokap gw ngomong gini: “mama mah takut liat kamu didapur” -> eh ujung-ujungnya mah nyokap gw masak sendiri.. :’(
Puncaknya, kalo nyokap lagi pergi-pergi dalam jangka waktu yang cukup lama.. Mau gak mau, gw musti beraniin diri masuk dapur, demi melanjutkan kehidupan dengan sesuap nasi *halaaah* :P Masuk kuliah, sedikit demi sedikit gw mulai mau bantu-bantuin nyokap masak. Sadar diri lah, secara gitu gw kan akan perempuan, yang pertama pula! *apa hubungannya ya?* :D Gw disuruh bantuin ngiris-ngiris sayuran, ngulek bumbu, deelel.. Perlahan tapi pasti, gw juga mulai bisa bedain mana ketumbar, lada sama merica. Mana tepung terigu, mana tepung sagu dan mana tepung kanji wkwkwk.. Gw mulai bereksperimen belajar bikin-bikin nasi goreng sendiri. Hasilnya lumayan lah, paling asin-asin banyak! :P
Pernah nih, waktu gw kuliah semester 4, nyokap gw pergi ke Singapur 1 minggu lebih.. Jadi dirumah cuma ada gw, bokap, ade gw cewe (SMP), sama ade gw yang laki (SD).. Waktu itu gw bener-bener kewalahan musti menghandle semua kerjaan nyokap gw! Untungnya sih waktu itu masih ada ade gw, si imah di rumah.. kalo soal masak mah, dia bisa dibilang dia lebih jago dari kakaknya yang satu ini >,< Jadi, waktu itu gw sama dia yang pergi ke pasar. Gw yang nentuin menu, terus dia yang pilih bahan-bahannya. Nyampe dirumah, kita berdua masak *kita?* gw numpang riweuh doank hihihi.. :P Masakannya jadi, yang gw inget waktu itu bokap gw jadi tester nya. Selesai makan, pasti ada aja notification yang dilontarin sama si babeh.. *sayurnya kurang garem, yang ini keasinan, nasinya jadi bubur (waktu itu gw masak nasi di rice cooker, takaran aernya kebanyakan), bla.. bla.. bla...* Udah gitu pernah suatu hari gw sama ade gw nyoba-nyoba bikin ayam balado.. tanpa tau takaran dan ukuran *maen perasaan* langsung leeeb weh cabe gilingnya dicampur aduk sama ayam! Pas mateng sih keliatannya langsung pengen makan, pas udah dimakan mulut kita masa jadi engap-engapan, kayak ikan mujaer! Semuanya kompak menyerukan, huh-hah, huh-hah, huh-hah -> *ekspresi kepedesan* >,<” Ternyata takaran cabe giling sama ayamnya 11:12 (banyakan cabenya daripada ayamnya) hahaha.. Semenjak itu, tiap kali shalat.. gw selalu berdoa sama Yang Kuasa.. Doa gw cuma satu dan gak muluk-muluk! Gw cuma pengen nyokap gw cepet pulang ke rumah -__-“
Dari pengalaman itu, sedikit demi sedikit gw mulai mau terjun ke dapur buat bantuin mama gw. Karna gw sadar, ternyata masak tuh ribet yaaa... akhirnya perlahan tapi pasti, gw pun mulai bisa bikin sajian sendiri! Mulai dari nasi goreng, mie telor, tumis kangkung, sayur bayem, sayur sop -> *meskipun sebelum masak, gw pasti sms temen gw dulu buat minta resep* hahaha.. :P
Sekarang, tepatnya mulai dari hari selasa kemaren (tgl 1 maret 2011) nyokap gw pulkam ke Tangerang. Gw dirumah ditinggal be-3 sama bokap and ade gw yang SD. Kali ini ade gw yang cewe (dulu SMP) sekarang udah SMA and sekolah di Tangerang. Jadilah gw sebagai wanita tunggal dirumah ini! Gw yang musti menangani semua kebutuhan perut \(T-T)/ Dengan modal nekat dan sedikit ilmu dari pengalaman-pengalaman terdahulu, akhirnya gw beraniin diri buat berusaha masakin makanan baut bokap and ade gw!
Ini hari ke-4 kita ditinggal pulkam sama nyokap! Kemaren-kemaren sih gw udah ada nyoba keluarin jurus masakan gw! Ternyata ada kemajuan lho.. sekarang gw udah bisa masak nasi (gak jadi bubur lagi), bikin nasi goreng, bikin tumis kangkung, bikin pergedel, masak sarden, goreng ayam *peninggalan nyokap sebelum berangkat pulkam* hehe.. Ternyata diem-deiem bokap gw laporan sama nyokap gw lewat telepon, dan bilang kalo masakan gw enak! Yihaaaaa... tapi ada dua menu yang dibisa dibilang dapet kritikan, yaitu telor dadar and mie rebus bikinan gw! *ya elah, dua masakan itu kan padahal udah sering banget gw bikin* emang lagi apes kali ya, masa gw bikin telor dadar, jadi kering banget! Kayaknya sih kurang minyak, jadi pait gitu rasanya! Padahal kan telornya gak gosong, cuma item-item dikit doang >,<” Terus yang ke dua, mie rebus! Gw nuang aer rebusan mie nya kebanyakan, jadi banjir deh mie nya! -> yang ini juga kayaknya factor apes! :’(
Mengingat stock bahan makanan dirumah udah ludes, jadi hari ini gw mutusin buat belanja ke pasar *ditemenin sama Christin* :p Gw belanja barang-barang kebutuhan pokok seperti: bayem, kangkung, buncis, daun sop, ikan sisik, tahu, tempe, kacang tanah, nugget, jagung manis, telor ayam, telor puyuh dan lain-lain. Saking banyaknya gw belanja, gw sampe lupa mikir.. “entar sapa nih yang masak?” | “gw?” | “oh noooo...!” | *pingsan! Terjun ke kasur*” -> perang esmosi dalem hati :D
Yaaaah.. karna bahan-bahan udah terlanjur dibeli, dari pada mubajir mending gw putusin buat masak sendiri aja dah! Gw gak tau gimana hasilnya besok! Rencananya gw mau masak sayur bayem + jagung manis, nugget sama ikan sisik dan tambahan telor dadar juga! Kita liat aja.. apakah akan keluar notif-notif dari si babeh? ataukah malah pujian dan rayuan yang dilontarkan untuk segera mengawinkan anak putrinya ini! -> *Lho? Lho? Lho?* <- gw curcol ini mah hahaha.. xD
Mohon doanya aja ya, moga-moga semua makanan yang gw masak besok bisa kemakan, dan gak nyebabin perut mules ato diare karna salah masukin bumbu >,<” Mudah-mudahan juga nyokap gw cepet balik, amin (-_-“) Terimakasih udah ngikutin curhatan gw yang sebenernya gak patut dicontoh ini.. Akhir kata, wabillahi taufik wal hidayah wassalamu alaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.. \(^,^)/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: