Budaya Fans di Korea

Budaya sebuah ‘fandom’, yang sebelumnya selalu memburu idolanya, telah mengalami perubahan. Generasi ‘Sasaeng Fans’ (fans yang selalu memburu kehidupan pribadi sang idola) dan hanya menulis surat pada sang artis, sudah berakhir. Sekarang ini, fans menyebarkan budaya untuk memberi bantuan kepada masyarakat dan membuat citra yang baik bagi artis idola mereka.

*memberi beras daripada bunga, bahkan memberi bantuan dana atas nama sang idola
Fans dari Kim Hyun Joong juga menjadi topik pembicaraan setelah memberikan bantuan dana beasiswa atas nama ‘The Kim Hyun Joong Scholarship Fund’. Setelah mendonasikan 14 juta won, mereka juga mendukung pelajar yang putus sekolah, secara sukarela.

Belakangan, sulit sekali untuk melihat karangan bunga di konser musikal atau lokasi konser. Hal ini karena fans mengganti karangan bunga dengan beras untuk keperluan donasi. Di lokasi musikal “Mozart”, di daerah pintu masuknya didekorasi dengan “karangan beras” yang didonasikan oleh fans Kim Junsu. Tak hanya itu, ada pula dari artis lain seperti Eom Gi Joon, Song Chang Ui dan Park Eun Tae yang memenuhi jalan masuk. Tumpukan beras ini didistribusikan ke rumah-rumah orang yang membutuhkan, dan juga pada orang tua yang tinggal sendirian.

Fans JYJ Park Yoochun telah melakukan donasi secara rutin sejak 2010. Mereka mengumpulkan 40 juta won tahun ini dan sejak mendonasikan 10 juta won pada pusat kesejahteraan sosial tahun lalu, mereka membantu pasien anak-anak sejak itu.

Fansclub Lee Minho ’‘Mizuno’ mendonasikan 20 juta won untuk merayakan ulang tahunnya. Fansclub Lee Minho yang lain juga melakukan donasi melalui UNICEF dan mereka jadi pendukung berat kampanye “Green Energy”.

*peduli dengan idola, mengirimkan kotak makanan pada staf
Ketika seorang idola menghabiskan malam dengan syuting semalaman di lokasi, fans menyiapkan kotak makanan untuk para staf juga. Semua tahu bahwa fans membuat bekal makanan untuk sang idola dan memastikan mereka tidak melewatkan waktu makan mereka. Namun akhir-akhir ini, fans juga mempersiapkan bekal makanan untuk para staf juga. Mereka menjaga citra artis mereka dengan menuliskan nama sang idola di tiap bekal makanan yang mereka siapkan.

Kotak makanan ini dikirim ke berbagai lokasi syuting maupun konser. Di konfrensi pers drama ‘You’ve Fallen For Me’, yang dibintangi oleh CN Blue Jung Yong Hwa, fans mengesankan reporter dan perusahaan produksi dengan menyiapkan kotak makanan.

*uang bukanlah masalah, mereka bahkan membuat iklan sendiri

Ini menjadi hal alami bagi fans untuk merayakan ulang tahun sang idola atau promosi album melalui iklan. Fansclub mengumpulkan uang untuk berbagai media seperti koran, bis hinggan papan elektronik.

Fans ‘Girls Generation’ mendapat perhatian dengan membuat ucapan ulang tahun di koran bagi tiap member. Tahun lalu, fanclub ‘HwaSuEunHwa’ membuat iklan koran untuk Seohyun, Sunny, Soo Young, Jessica dan Yoona.

Ketika Yoochun, Jaejoong dan Junsu, yang bertransformasi dari ‘TVXQ’ menjadi  ‘JYJ’, merilis album musik esai di Januari, fans menyewa 120 bus di seluruh negeri untuk menempelkan iklan grup ini di bagian samping tiap bis. Tak hanya itu, fans juga mengumpulkan lebih dari 200juta won. fans JYJ juga meletakkan iklan di 21 stasiun kereta api Korea.

Seorang perwakilan stasiun penyiaran menyatakan, “Melalui budaya dewasa fans saat ini yang lebih mementingkan citra sang idola, terdapat kompetisi antar fans di beberapa area,” dan” Aku harap budaya fandom ini menjadi lebih dewasa dan untuk kebaikan sang idoal juga.”

==================================================

kesimpulan: fans di Korea itu mati-matian dalam 'mengkhidmati' idolanya. Mereka rela melakukan apa aja demi idolanya. Makanya banyak banget fans fanatic disana. Cara yang mereka lakuin buat idolanya juga beraneka ragam, mulai dari ngasih beras atas nama sang idola, nganterin kotak makanan buat idolanya, sampe bikin iklan gratis buat sang idola. Unik ya... ^_^  

==================================================
Source: [etoday]
Translated & Shared by: dongbangdata.net

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: