INFO BUDAYA KOREA (1)

TAXI DI KOREA
Di Korea, taxi dibedakan menjadi tiga yaitu taxi mewah, taxi biasa dan taxi grup. Taxi mewah warnanya hitam dan tarif pertamanya mencapai 4.500 won serta pembayaran pun dimungkinkan menggunakan kartu kredit. Taxi biasa berwarna abu-abu, putih dan perak ini mematok tarif pertamanya sebesar 1.900 won. Sedangkan taxi grup adalah taxi yang mampu mengangkut empat sampai lima orang penumpang dan dapat juga mengangkut barang.
Korea juga mulai menggunakan taxi hibrida sebagai angkutan ramah lingkungan. Tak hanya itu, taxi pun dilengkapi TV digital dan GPS untuk mempermudah menempuh rute-rute tertentu. Namun, supir taxi tentu saja dilarang menonton televisi ketika menyetir karena dapat menyebabkan kecelakaan.

ONDOL
Di hotel-hotel Korea juga tersedia kamar ondol (은돌방) yaitu kamar yang dilengkapi ondol. Ondol secara harfiah berarti batu panas, tetapi ondol sebenarnya adalah alat pemanas tradisional Korea. Alat ini sudah dipakai sejak zaman Joseon. Dahulu, orang-orang Korea tidak mengenal tempat tidur seperti sekarang ini. Mereka tidur dilantai dengan menggunakan ibul (이불) atau selimut. Oleh sebab itu, untuk menahan dinginnya lantai saat musim dingin mereka membuat ondol yang letaknya diluar rumah. System kerja ondol adalah seperti layaknya perapian yang udara panasnya dilarikan ke seluruh bagian bawah lantai lewat saluran perapian. Udara panas yang mengalir akan membuat lantai rumah menjadi hangat. Biasanya ondol hanya dipasang di beberapa ruangan saja.
Dahulu, ondol berasal dari pembakaran kayu sampah pertanian dan lain-lain sehingga membuat asap pembakaran tidak baik bagi kesehatan karena kandungan karbonmonoksidanya. Namun, sekarang sudah ada system ondol yang mengatur pembakaran berkurang. Biasanya keluarga besar yang mau menginap di hotel memesan ondol bang, karena ukuran kamar akan jadi lebih besar dan kehangatan pun bisa terjaga.

KIMCHI
Salah satu makanan khas Korea yang harus ada dalam setiap jamuan makanan ini merupakan salah satu makanan tersehat didunia karena terbukti dapat mencegah kanker. Kimchi dalam sejarahnya telah ada sejak zaman Joseon. Kimchi dibuat untuk menunjang persediaan makanan ketika musim dingin tiba. Sebelum musim dingin tiba, masyarakat Korea secara beramai-ramai membuat Kimchi dan kemudian memendamnya dalam tanah sampai musim dingin tiba. Proses pembuatan Kimchi yang melibatkan banyak orang ini membuat rasa persaudaraan semakin kuat. Kimchi sendiri adalah makanan fermentasi yang terbuat dari berbagai jenis sayuran, udang kering, cabe bubuk dan sebagainya. Kimchi mempunyai banyak jenis, tetapi yang paling sering dijumpai adalah kimchi yang terbuat dari kubis yang disebut baechu kimchi (배추김치). Biasanya orang asing yang pertamakali mencicipi kimchi akan terasa aneh, tetapi semakin lama mereka dapat terbiasa dengan rasa kimchi yang asam dan juga pedas.

GYEONGJU
Gyeongju adalah daerah yang terletak di provinsi Geongsang yang berada di timur Korea. Dahulu Gyeongju merupakan ibukota dari kerajaan Silla sehingga didaerah ini masih banyak terdapat situs-situs peninggalan sejarah. Seperti taman nasional Gyeongju dan museum nasional Gyeongju. Dalam taman nasional Gyeongju terdapat beberapa komplek situs pemakaman pada zaman Silla, tempat observasi astronomi paling tertua di asia timur (Cheomseongdae) serta taman dan hutan lindung kerajaan Silla yang dahulu mayoritas beragama Buddha turut serta meninggalkan warisan budayanya melalui peninggalan kuil Buddha dan bangunan lainnya (Bulgugsa dan Seokguram) yang tercatat sebagai warisan dunia oleh UNESCO.
Menyadari pentingnya posisi Gyeongju bagi pariwisata Korea, maka pemerintah Korea menyediakan jalur khusus untuk para wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk pergi ke Gyeongju seperti menyediakan kereta ekspres dan jalur bus bebas hambatan serta fasilitas lainnya seperti penginapan dan restoran. Tak hanya itu, beragam perayaan serta upacara tradisional juga turut dikampanyekan untuk lebih menarik minat para wisatawan.

OPERASI PLASTIK
Korea adalah salah satu negara yang mempunyai banyak klinik operasi plastik. Klinik operasi plastik layaknya took klontong yang menyebar di pinggir-pinggir jalan. Bisnis operasi plastik ini pun menggiurkan karena didorong oleh tingginya minat muda-mudi Korea yang ingin mengubah penampilan mereka. Memperbesar mata dan memancungkan hidung merupakan operasi terbanyak yang dilakukan muda-mudi Korea. Bahkan sampai saat ini diperkirakan para remaja Korea yang melakukan operasi plastik hampir mencapai 70%, terutama para remaja yang tinggal di kota-kota besar.
Menjamurnya trend operasi plastik ini dikarenakan pandangan orang Korea yang menganggap fisik merupakan asset mereka. Sehingga orang-orang yang cantik dan tampan dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan dan jodoh. Oleh karena masih tertanamnya pola pikir seperti ini menyebabkan operasi plastik di Korea menjadi hal yang lazim walaupun ada beberapa orang yang masih malu mengakuinya. Yang memperihatinkan, banyak orang tua yang juga turut mendukung anaknya untuk melakukan operasi plastik. Hal ini tentu saja bukan fenomena yang biasa bagi bangsa kita, namun sepatutnya kita bisa mengambil pelajaran dari mereka.

CHUNGMURO
Jika Amerika punya Hollywood, Korea punya Chungmuro (춤무루) sebagai surganya insan perfilman. Chungmuro yang terletak di Jungu, Seoul ini sejak tahun 1960 sudah terkenal sebagai pusat industri film. Walau sempat mengalami kemunduran karena krisis ekonomi, namun kawasan ini mampu terus bertahan sebagai pusat industri film. Untuk terus memajukan kawasan ini, pemerintah Korea juga banyak mengadakan pameran serta festival film nasional maupun internasional. Tak hanya itu, untuk membuat pengunjungnya lebih nyaman serta mempertahankan eksistensi kawasan ini, pemerintah juga telah membangun banyak sarana dan prasarana dengan teknologi tinggi.

PASAR DONGDAEMUN
Pasar Dongdaemun (동대문) adalah area pusat pembelanjaan besar yang terletak di daerah Jongno Gu, Seoul. Area ini sudah dibuka sejak tahun 1905 dan telah menjadi tujuan wisata belanja para turis dalam negeri maupun mancanegara. Ketika zaman perang Korea, daerah ini sempat hancur hingga akhirnya dibangun kembali pada tahun 1950-an. Beragam produk dijual disini terutama produk garmen. Atmosfir yang ditawarkan pun sudah semakin modern dengan adanya banyak pertokoan modern, mall, café dan lainnya. Dengan jam buka yang hampir dua puluh empat jam, pengunjung juga berkesempatan melakukan tawar-menawar harga, terlebih lagi untuk wisatawan mancanegara yang ingin mempraktekan bahasa Korea mereka. Toko yang ada di Dongdaemun mencapai lima ribu lebih toko yang juga menawarkan produk-produk fashion terkemuka dunia. Hal ini tentu saja membuat Dongdaemun sebagai tempat yang patut Anda kunjungi ketika di Korea.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Anonymous said...

It's nearly impossible to find educated people on this subject, but you seem like you know what you'гe talking
about! Τhаnkѕ

Stορ bу my web page payday loans

Anonymous said...

Υour mode of tellіng evеrything іn thiѕ post іs genuіnely gooԁ, eveгy one
be сapable of effortlessly be aware of it, Τhаnks a lot.



Αlsο visit mу web sіtе payday loans