Kebiasaan Orang Korea

  1. Orang” korea biasa memberikan salam saat perkenalan, sebelum makan, sesudah makan, ketika berpamitan, ketika tidur, dll, dengan cara menganggukkan kepala dan sedikit membungkukkan badan. Kepala di tundukkan sekitar 30-60 derajat selama 2-3 detik. Ini di lakukan ketika menyampaikan salam hormat kepada orang yang lebih tua atau di tuakan. Semakin dalam kita menundukkan kepala, berarti salam yang kita sampaikan semakin hormat. Ungkapan maaf juga biasanya di sertai dengan gerakan menundukkan kepala.
  2. Dalam kehidupan sehari-hari, berjabat tangan juga lazim di lakukan orang-orang korea. Biasanya orang yang lebih tua atau posisinya lebih tinggi akan mengajak berjabat tangan terlebih dahulu. Berjabat tangan juga biasanya lebih banyak di pakai oleh pria sebagai ungkapan salam.
  3. Di korea ketika pertama kali berkenalan, biasanya memberikan salam di lanjutkan dengan memperkenalkan diri. Tidak di anjurkan untuk menanyakan umur ketika pertama kali bertemu, karena akan di anggap kurang sopan. Biasakan untuk memberi tambahan panggilan “ssi” yang artinya saudara / saudari agar terdengar lebih sopan. Demikian juga kepada orang yang lebih tua, kamu dapat menggunakan panggilan “seonsaengnim” yang artinya guru.
  4. Di korea suka di adakan pesta selamatan rumah baru, baik oleh orang yang baru pindah atau bagi pasangan yang baru menikah, yang di namakan JIBDEURI. Mereka mengundang teman-teman dekat, saudara, dan sejumlah tetangga ke rumah baru untuk merayakannya atau sekedar pesta biasa. Para tamu biasanya membawa tisu toilet, sabun deterjen, atau korek api.
  5. Mereka itu kalo lagi kesakitan atau kesemutan demen banget jilat jari terus disentuhin ke hidung.
  6. kebiasaan gendong orang mabuk (biar keliatan lebih romantis kali ya hehehe.. dan yang pasti alasan ekonomis alias irit :D)
  7. Kebiasaan makan mie langsung dari panci(kepraktisan… kebanyakan panci yang dipake adalah panci kuningan karena biar lebih mudah dingin… Trus biar gak nyuci piring 2X, dan katanya kalo makan lansung bersama dari panci akan terasa kekeluargaanya)
  8. Bersendawa ternyata lazim bagi warga Korea, sebab aendawa dapat di maknai sebagai bentuk apresiasi terhadap juru masak (kalo di eropa sana, sendawa sembarangan bisa di gaplok bule! ^^
  9. Kebiasaan punya meja panjang (kayaknya mereka itu respek banget sama pemandangan malam, seringkan ada adegan tiduran di meja itu malam-malam di musim panas sambil liat lintang-bintang dilangit)
  10. Kebiasaan ngomong "Aigoo" (mirip sama orang Chinese yang suka bilang "Aiyo" atau "Aiya", mirip orang Indonesia juga yang suka bilang "aduuuuh..")
  11. Kebiasaan pegang telinga habis pegang panci panas (katanya sih telinga merupakan organ tubuh yang paling stabil suhunya)
  12. Kebiasaan mukul kepala (mukul kepala adalah hal yang lumrah di Korea. Denger-denger sih kalo ortu disana suka mukul kepala anaknya dengan tujuan supaya anaknya pinter *hadoh, hati-hati geger otak ya*)
  13. Kebiasaan sopan sama pembeli atau pelanggan
  14. Orang-orang korea kalau makan pasti penuh banget dimulutnya sampe kesedek liatnya, apalagi kalo mereka sambil ngomong pasti tuh mulut sampe monyong-monyong… yang lebih parah lagi kalo sambil marah… tuh makanan semua muncrat-muncrat, kasian banget orang yang di marahin…
  15. Kebiasaan kalo lagi kesal ngomongnya ditekankan pada satu kata, kesannya seperti orang pengen meludah… mungkin karena kesal banget jadi pengen ngeludah ya…
  16. Kuat banget makan dan mabuk (tidak usah diragukan lagi)
  17. Kalau di drama korea, sering banget tuh ada adegan matiin HP batrenya langsung dicopot (kalo alasan ini sih katanya biar terlihat lebih dramatis, tapi yang pasti ini terjadi bukan karena HP orang-orang Korea gak ada tombol on/off nya!)
  18. Suka banget kalo lagi sedih pergi ke atap dan merenungi nasib (mungkin karna pemandangan disana enak kali ya)
  19. Jarang mandi kalo lagi musim dingin (ah klo gw mah, gak musim dingin gak musim panas sama aja! sama-sama jarang mandi! hahaha..)
  20. Suka makan bawang putih (dipercaya dapat menetralisirkan darah, biar gak darah tinggi)
  21. Kebiasaan makan yang panas-panas (dengan ini banyak orang korea yang bhkan belum berumur 40 harus memakai gigi palsu karna gigi aslinya hancur)
  22. Kebanyakan cowok korea tuh lebih perasa, romantis, penyabar dan rapuh hatinya daripada ceweknya. (beda banget sama di indonesia, yang ada ROkok MAkaN graTIS hehehe..)
  23. Orang Korea Selatan sering menyuguhkan minuman beralkohol sebagai penghargaan pada teman atau tamunya… Minuman beralkohol merupakan hal yang biasa di Korea Selatan, baik untuk laki-laki dan perempuan.
  24. Orang Korea Selatan bertemperamen tinggi dan kasar terutama dengan orang yang menjadi bawahannya, mereka sering bicara keras seperti orang marah, diselingi makian dan kadang tangan memegang / mendorong kepala dimana hal tersebut dianggap hal biasa.
  25. Makanan yang disantap orang Korea Selatan umumnya banyak mengandung Babi.
  26. Makan di dalam kamar merupakan hal yang tabu, karena dipercayai membuat rezeki tidak akan masuk / menjauhkan dari rezeki.
  27. Orang Korea saat menegur atau membentak, kadang memaki bawahannya langsung saat itu juga bila melakukan kesalahan sekecil apapun (kadang belum tau salahnya apa juga sudah main bentak dulu, ini yg bikin kesel sama orang korea) tapi orang Korea Selatan tidak menyimpan dendam di hati, persoalan berhenti sampai saat itu juga.
  28. Sebagian masyarakat Korea Selatan mempunyai pandangan bahwa bila kita minum bersama sampai mabuk, maka tidak ada rahasia lagi diantara mereka dan mereka akan saling percaya dan bersahabat Untuk menghilangkan stress dan penat…
  29. Budaya operasi pelastik (oplas). Di korea 70% Warganya telah melakukan operasi plastik, terutama para remaja yang tinggal dikota-kota besar. (ini terjadi karena pandangan mereka yang menyatakan bahwa fisik adalah asset utama untuk mendapatkan pekerjaan dan jodoh dengan mudah)
  30. Negara Korea selatan dinobatkan sebagai negara yang mengalami angka kematian sangat tinggi. Hampir 81% dari penduduk korea mengalami stress setiap harinya, makanya banyak banget warga korea yang demen BUNDIR (Bunuh Diri) karena kehidupan korea yang keras…
  31. Dalam menerima atau menyerahkan sesuatu harus selalu dengan 2 tangan.
  32. Tidak merokok di bus, mobil, busway, taxi, di tempat bekerja, didepan orang tua dan ditempat dilarang merokok lainnya (andai di Indonesia orang-orangnya juga pada mau nyadar -_-")
  33. Meminta maaf ketika salah tanpa harus memperbanyak alasan.
  34. Membiasakan antri dan tidak bergerombol apalagi berisik
  35. Masyarakat Korea Selatan mempunyai sikap disiplin yang tinggi dan rajin menabung bekerja dan orang Korsel terbiasa taat pada atasan, sigap, cepat dan menunjukkan kerja yang baik.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: