INFO BUDAYA KOREA (2)

SANGTHU
Bagi kalian yang sering menonton drama ataupun film kolosal Korea tentunya sering melihat para aktor menggulung rambutnya ke atas. Ternyata gaya rambut seperti itu bukanlah tanpa alasan. Sangthu ( ), demikian gaya rambut itu disebut, gaya rambut ini mulai di tradisikan pada zaman kerajaan. Laki-laki yang menggunakan gaya rambut seperti ini menandakan bahwa laki-laki tersebut sudah menikah dan dewasa. Jika seseorang tidak menggunakan Sangthu ketika dia sudah beranjak dewasa, maka dia akan dicibir oleh masyarakat karena dianggap sebagai anak-anak. Cara memakai gaya rambut seperti ini sangat mudah. Rambut digulung keatas kemudian dijepit dengan menggunakan penjepit berbahan emas, perak ataupun perunggu. Kemudian aksesoris lainnya adalah barupa kain pelapis dari rambut kuda yang diikatkan di kepala agar anak rambut tidak menutupi wajah. Gaya rambut ini pun menghilang seiring dengan masuknya pengaruh barat yang masuk ke Korea.

KELUARGA DALAM MASYARAKAT KOREA
Keluarga Korea menganut system patrilineal yaitu suatu system keluarga yang memposisikan anak laki-laki sebagai anggota keluarga yang paling penting. Anak laki-laki terutama anak sulung mempunyai hak istimewa dan tanggungjawab yang besar dalam suatu keluarga. Hak istimewa itu berupa jatah warisan paling besar dibandingkan dengan saudara-saudara lainnya. Tetapi tanggungjawab seperti menjadi kepala keluarga ketika ayahnya meninggal dan harus tetap tinggal bersama orangtua (ibu) walaupun dia sudah menikah, membuat anak laki-laki tertua mempunyai kedudukan penting.
Ayah dalam keluarga Korea sangat betanggungjawab dalam biaya pendidikan serta kehidupan sehari-hari keluarga. Sementara ayah bekerja diluar, ibu harus bertanggungjawab dalam tumbuh kembang anak, terlebih lagi pendidikan untuk anak harus menjadi nomor satu diantara kebutuhan yang lain. Semua anggota keluarga, dalam keluarga Korea mempunyai peran masing-masing dan harus bertanggungjawab terhadap perannya sebagai anggota keluarga, sehingga kemakmuran dan harmonitas dapat tercapai sesuai dengan ajaran konfusianisme yang telah lama mereka anut.

MATA UANG KOREA
Mata uang Korea terdiri dari empat jenis uang koin dan lima jenis uang kertas. Pecahan uang koinnya yaitu 10 won, 50 won, 100 won dan 500 won. Sedangkan pecahan uang kertasnya yaitu 1000 won, 5000 won, 10.000 won, 50.000 won dan 100.000 won. Bentuk uang cek pun ada.
Won telah dipakai sejak pasca penjajahan Jepang. Desain uang Won saat itu tidak jauh berbeda dari uang Yen. Pada saat pecah perang Korea dan membuat Korea terbagi menjadi dua (Korea Selatan dan Korea Utara), kedua Korea itu juga masih menyebut mata uang mereka sebagi Won. Bank of Korea mempunyai hak untuk mengeluarkan uang ini, sedangkan KOMSCO, badan milik pemerintah ditunjuk sebagai perusahaan yang bertanggung jawab dalam mencetak uang dengan pengawasan dari Bank of Korea. Beberapa waktu lalu KOMSCO menciptakan substansi baru dalam mencetak uang sehingga pemalsuan uang bisa lebih terdeteksi. Hasil ciptaan KOMSCO ini juga diekspor ke Negara-negara lain.

JIBDEURI (집들이)
Di Korea, sejak dahulu setiap acara selamatan tahun baru, para tamu akan membawa tisu, korek api dan deterjen. Mungkin untuk orang asing, kado-kado itu sedikit aneh, namun bagi orang Korea kado tersebut mempunyai makna tersendiri. Tisu, korek api dan deterjen dilambangkan sebagai rezeki. Tisu dimaksudkan agar pemilik rumah cepat mendapat rezeki lancar selancar tisu jika larut dalam air. Korek api dimaksudkan agar pemilik rumah cepat mendapatkan rezeki seperti korek api yang cepat menyalakan api, sedangkan deterjen dimaksudkan agar pemilik rumah mendapat banyak rezeki melimpah sebanyak limpahan busa deterjen. Sekarang ini masih banyak orang Korea yang menjadikan deterjen sebagai hadiah dan banyak juga muncul hadiah pengganti yang lain seperti pot bunga, alat rumah tangga, dan lain-lain.

MUSIM DI KOREA
Musim dalam bahasa Korea disebut sebagai Gyejeol (게절). Korea mempunyai empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.
Musim semi dimulai dari bulan Maret hingga bulan Mei. Saat musim semi, orang-orang Korea banyak berpiknik dan menikmati keindahan bunga. Musim panas dimulai dari bulan Juni hingga bulan Agustus. Karena cuaca yang panas, orang Korea banyak menghabiskan musim panas mereka dengan berjalan-jalan di pantai. Musim gugur jatuh pada bulan September hingga November. Karena musim ini merupakan musim sebelum musim dingin, sehingga cuacanya dingin dan angin banyak bertiup, namun pemandangan pada saat musim dingin juga sangat indah. Orang-orang pada musim ini juga banyak menghabiskan waktunya untuk menikmati daun-daun yang berguguran. Bulan Desember adalah awal dari musim dingin. Musim ini berlangsung hingga bulan Februari. Temperatur terendah terjadi pada bulan Januari sehingga banyak orang Korea mengurangi aktivitasnya diluar rumah.

LAYANAN DOOR TO DOOR
Di Korea ada dua jenis layanan door to door atau dalam bahasa Korea thaekbae (택배). Pertama layanan yang bersifat personal dan layanan yang bersifat industri. Layanan door to door yang bersifat personal biasanya digunakan untuk memudahkan saat ada keperluan untuk mengirim barang pada saat traveling atau dinas di luar kota, saat hendak mengirim hadiah pada hari raya, saat mahasiswa pindahan dan lain sebagainya.
Sedangkan layanan door to door bersekala perusahaan bila dibandingkan dengan layanan door to door yang bersifat personal, melayani jumlah barang yang jauh lebih beragam. Biasanya layanan ini melayani pengiriman dokumen, tekstil, peralatan elektronik, suku cadang dan lain-lain yang harus dikirim cepat, sehingga bisa sampai maksimal keesokan harinya. Satu hal yang harus diperhatikan, Korea adalah negara yang menganggap waktu adalah penting, jadi system seperti ini sangat terpecaya ketepatan waktunya.

BANDARA INCHEON
Jika anda mencari informasi tentang bandara Incheon dengan kata kunci uncheon maka yang keluar adalah judul-judul artikel maupun blog yang memuji bandara Incheon sebagai bandara terbaik di dunia. Menurut jajak pendapat yang dilakukan oleh skytrax ataupun lembaga penerbangan lainnya, menempatkan bandara Incheon sebagai bandara nomor satu di dunia. Jajak pendapat itu mengungkapkan bandara Incheon mempunyai kualitas terbaik dalam pelayanan terhadap penumpang dan juga fasilitas-fasilitas yang ekstra nyaman. Mulai dari spa, ruang pribadi, bahkan lapangan golf dan lain-lain. Sebenarnya menurut jejak pendapat ini, bandara Incheon mempunyai keunggulan yang tipis dibandingkan dengan bandara lain yang berada dibawahnya. Tetapi pelayanan dan penghargaan terhadap penumpang menjadi poin lebih dari bandara ini.


Sumber buku: cepat bicara bahasa korea sehari-hari

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: